Senin, 24 Mei 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : SD Mujahidin Pontianak
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ semester : VI / Genap
Alokasi Waktu : 2 X 40menit ( dua jampel )
Standar Kompetensi : 4. Memahami Peran Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan politik luar negeri yang bebas aktif

Indikator :
1. Mendefenisikan politik luar negeri Indonesia.
2. Mengidentifikasi latar belakang Indonesia menganut paham politik luar negeri bebas aktif.
3. Mengidentifikasi dasar hukum pelaksanaan politik luar negeri indinesia bebas aktif
4. Mengenal tokoh pemrakarsa politik luar negeri bebas aktif di Indonesia.

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan politik luar negeri Indonesia.
2. Siswa dapat menjelaskan sebab -sebab Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif.
3. Siswa dapat menjelaskan dasar hukum politik luar negeri Indonesia.
4. Siswa dapat menjelaskan tokoh yang memprakarsai paham politik luar negeri beabas aktif.

Pada tanggal 2 September 1948, Drs. M. Hatta menyampaikan keterangan politik Luar negeri Indonesia kepada Badan Pekerja Komite Nasional Indoneia Pusat (KNIP), adalah Bebas Aktif.

Materi Pokok

A. Politik luar negeri Indonesia
Indoneia menganut paham politik luar negeri bebas aktif.Bebas maksudnya adalah berarti Indonesia tidak terikat oleh suatu idiologi atau politik dari Negara manapun termasuk yang tergolong blok barat ( Amerika dana ekutunya) maupun blok Timur ( Uni soviet/ sekarang Rusia dan sekutunya ). Akif maksudnya, Indonesia giat dan ikut serta dalam meningkatkan hubungan persahabatan dalam menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia.




B. Sebab – sebab Indonesia menganut paham politik luar negeri bebas aktif.
1. Sebagai upaya menegakkan kemerdekaan .
2. Posisi Geografis yang menyebabkan Indonesia harus membina hubungan kerja sama dengan Negara – Negara tetangga.
3. Penduduk. Jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar merupakan modal dasar pembangunan yang harus berkwalitas, sehingga untuk meningkatkan sumber daya manusia yang cukup tinggi mereka harus di bina .menjadi tenaga yang trampil dalam IPTEK.
4. Kekayaan Alam. Kekayaan alam yang melimpah dapat dimanfaatkan dan dikelola sedemikian hingga dapat mengatasi krisis ekonomi nasional.

C. Dasar Hukum Pelaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Akti
1. Landasan idiil : Pancasila
2. Landasan Konstitusional : UUD 1945
3. Landasan Operasional : Tap MPRS No XII/MPRS/ 1966

D.Tokoh pemrakarsa Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif




Pendekatan Pembelajaran :
1. Dilihat dari proses pembelajaran pendekatan yang digunakan adalah pendekatan cara belajar siswa aktif ( CBSA )
2. Dilihat dari materi menggunakan CTL ( Contectual teching Learning )

Metode Pembelajaran :
1. Jigaw ( Tim ahli )
2. Diskusi



Langkah – langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan
1. Orientasi Kelas
2. Penyempatan KD, indicator, dan deskripsi metode yang akan diterapka dalam pembelajaran.
3. Apersepsi untuk penjajakan

B. Kegiatan Inti
1. Kegiatan di dalam kelas, siswa dikelompokkan dalam 4 anggota tim.
2. Tiap tim diberi semua materi pengertian politik luar negeri Indonesia,Latar belakang Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif, dasar hukum pelaksanaan politik luar negeri Indonesia, dan tokoh pemerakarsa politik bebas aktif Indonesia.
3. Tiap kelompok mendiskusikan semua materi sementara itu guru menyiapakan kartu nomor sesuai dengan nomor urut materi yang didiskusikan,dan membagikan kartu nomor tersebut kepada siswa dan setiap siswa mendapat satu nomor secara acak sesuai denagan materi.
4. Setelah tiap – tiap kelompok selesai berdiskusi , mereka diminta berkelompok kembali dengan anggota kelompok lain sesuai dengan nomor yang mereka miliki,semua yang mendapat nomor yang sama akan berdiskusi kembali sebagai tim ahli dan mendiskusikan hasil dikusi dari kelompok pertama.
5. Masing – masing tim ahli membacakan hasil diskusinya dan yang lain menanggapi.
6. Guru memberi penguatan dana arahan.

C. Penutup
1. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi sesuai indikator
2. Post tes
3. Refleksi (siswa diajak unuk selalu menjalin hubungan kerjasama yang baik baik di rumah, di sekolah untuk mencapai tujuan yang dicita – citakan.

Media dan Sumber Belajar

A. Media Belajar
1. Kartu nomor
2. Lembar materi





B. Sumber Belajar
1. Ningsih,Rini,M,Pd.PendidikanKewarganegaraan.PT.Yudhistira.
2. UUD 1945 yang sudah diamandemen
3. E.Sudarisman, Karjono D Pendidikan Kewarganaegaraan PT Sarana Panca Karsa Nusa ,Bandung.


Penilaian
A. Penilaian Proses Pembelajaran
No Nama Siwa Aspek yang dinilai Skor Perolehan
Kerjasama Bertanya Menjawab Menghargai




Keterangan Skor :
1. Sangat baik : 4
2. Cukup baik : 3
3. Baik : 2
4. Kurang baik : 1




Mengetahui / Menyetujui Pontianak, 9 Pebruari 2010

Kepala Sekolah



Drs. H. Ahmad Yani, T. M. Pd
Guru Mata Pelajaran PKn



Ida Nursanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar